Jumat, 30 Juni 2017

Ya, Tarbiyah Allah Mengokohkan Tekad Kita



       Tekad yang kita miliki semata-mata Allah yang mendatangkan, harapan yang kita simpan semata-mata Allah yang menghadirkan, dan cita-cita yang kita perjuangkan semata-mata Allah yang memberikan. Bukankah itu ni'mat? Ni'mat akal, ni'mat kesehatan, dan tak lain adalah ni'mat keimanan. Maka, bersyukurlah.


       Semua itu, karena Allah anugerahkan tarbiyah dalam hidup ini.

       Bertekadlah, saat semua harapan dan mimpi yang kita simpan dan perjuangkan telah menyatu karena keimanan. Tak ada yang perlu kita risaukan hingga akhirnya menghalangi tekad kita, selama itu baik maka Allah akan meridhoi segalanya. Dan jika Allah sudah berkehendak, apapun akan terjadi. Lihatlah, jalan itu akan terlihat jelas jika tekad yang kita miliki benar dan kuat.

       Semua itu, karena Allah anugerahkan tarbiyah dalam hidup ini.

       Ikhwati, kekuatan iman dihati kita hingga mampu melangkah dan bergerak adalah buah keridhoan Allah yang kita libatkan dalam perkara-perkara hidup. Bukankah ridho Allah mengantarkan kita pada kecercahan rindu, ya rindu, rindu surga-Nya; rindu rasul-Nya; rindu para shalihin; rindu para pejuang di jalan Allah, dan lain-lain, yang pada intinya surga adalah kebahagiaan hakiki, dan sebaik-baik tempat kembali.

       Semua itu, karena Allah anugerahkan tarbiyah dalam hidup ini.

       Ketika jalan terjal berliku yang kita tapaki, ketika gelombang badai yang kita hadapi, dan ketika hujan yang kita lalui, itulah lembaran perjuangan yang akan menjadi saksi di akhirat nanti. Hanya orang-orang yang menikmati perjuangan dengan syahdu yang bisa melalui jalan terjal; gelombang badai; dan hujan dihidup ini. Dan tanpa disadari, semuanya telah berlalu.

       Semua itu, karena Allah anugerahkan tarbiyah dalam hidup ini.

       Perjuangan bukanlah hal yang mudah, tapi akan senantiasa mudah saat melibatkan Allah dalam langkah perjuangan itu. Yang perlu kita yakini adalah Allah sebaik-baik sutradara, yang mengatur segala episode kehidupan ini, jadi untuk apa kita gelisah; takut; dan pesimis jika kita tahu bahwa Allah itu yang mengatur. Karena Allah Maha Tahu mana yang baik untuk hamba-hambaNya.

       Semua itu, karena Allah anugerahkan tarbiyah dalam hidup ini.

       Ya, berulangkali saya tegaskan bahwa semua itu karena Allah anugerahkan kita tarbiyah dalam hidup ini. Mengapa? karena tarbiyah Allah-lah yang mengokohkan tekad-tekad kita untuk meraih harapan dan cita-cita, yang tentunya Allah adalah orientasi utama semua langkah-langkah kita. 'Ala kulli haal, Semoga kita semua termasuk orang-orang sukses dunia dan akhirat. Aamiin.

      Wallahu a'lam bishawab

*****

by: Urwah Fauzan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Dreams

                   Ada sebuah keinginan dan rasa yang dalam, sulit untuk digerakkan bahkan dikeluarkan. Manakala sebuah tujuan adalah se...